Share:

SIPOPHI Memudahkan Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial

-Sistem Informasi Pengaduan Online Perselisihan Hubungan Industrial (SIPOPHI)

Untuk lebih meningkatkan pelayanan di bidang ketenagakerjaan khususnya masalah perselisihan hubungan industrial salah satu upaya yang ditempuh oleh Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Kartanegara adalah dengan memunculkan inovasi baru yang diberi nama SIPOPHI atau Sistem Informasi Pengaduan Online Perselisihan Hubungan Industrial.

Dengan adanya inovasi SIPOPHI ini diharapkan layanan di bidang penyelesaian perselisihan hubungan industrial dapat lebih mudah diakses oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Kutai Kartanegara, khususnya bagi para pekerja/karyawan, serikat pekerja maupun perusahaan.

Untuk menggunakan layanan ini, pekerja/karyawan cukup klik menu Pengaduan yang ada di website ini, kemudian mengisi form yang tersedia dan wajib melampirkan bukti/risalah hasil perundingan Bipartit dalam bentuk soft copy (file dalam format pdf). Setelah semua proses dilakukan, aduan yang masuk akan diteliti oleh petugas mediator, apabila berkas sudah memenuhi syarat, pekerja/karyawan yang melakukan pengaduan permasalahan perselisihan hubungan industrial akan dijadwalkan untuk proses mediasi Tripartit di Kantor Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kab. Kutai Kartanegara. Jadwal mediasi dapat dilihat di menu Jadwal Mediasi